Cyber Campus

Cyber campus yang merupakan bentuk upaya menjadikan kampus tersebut berbasis teknologi informasi. Usaha ini diterapkan di semua lini, mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya yang dikembangkan berbasis teknologi. Hal ini sangat bermanfaat bagi civitas akademika dalam berbagai hal. Saya pribadi mendukung adanya cyber campus ini karena memang sesuai dengan tuntutan kampus ke arah yang lebih maju. Misalnya pada sistem pembelajaran, seperti penggunaan powerpoint pada saat presentasi di kelas, juga didukung dengan penggunaan layar LCD, sehingga presentasinya lebih menarik dan menyenangkan.

Selain itu pembuatan situs kampus memungkinkan mahasiswa bisa melihat informasi yang berkaitan dengan kampusnya. Juga ada Sistem Informasi Akademik (SIA). Dengan ini mahasiswa bisa menginput KRS, melihat KHS atau mengecek presensinya dimanapun kita berada.

Fasilitas e-learning dalam cyber campus ini juga akan membantu mengakomodir pembelajaran jarak jauh serta menyalurkan pertanyaan atau aspirasi bagi mahasiswa. Cyber campus terkesan lebih maju dan lebih canggih karena menerapkan sistem berbasis teknologi dan informasi.

Namun selain memberikan banyak keuntungan dan kemudahan, cyber campus ini juga memiliki kelemahan. Misalnya keluhan dari user yang belum paham tentang penggunaan cyber campus. Mahasiswa harus selalu online untuk mengetahui informasi terbaru. Padahal tidak semua mahasiswa bisa mengakses internet setiap saat, apalagi pada saat pulang kampung. Mahasiswa cenderung menjadi pemalas, dan kurang bersosialisasi karena pekerjaan bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka, dan beberapa lainnya.

Namun semua itu juga tergantung bagaimana user menyikapi adanya cyber campus. Cyber campus tetap memberikan banyak kemudahan bagi civitas akademika.

Sumber:  klik disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *